Cara buat Instagram Reels

Cara Buat Instagram Reels Mudah dapatkan Banyak Follower

Posted on

Cara buat Instagram Reels yang kekinian saat ini banyak diminati. Salah satu fitur andalan IG tersebut telah dapat dipakai di Indonesia. IG Reels adalah fitur perekaman video pendek mirip TikTok. Dengan Reels, user dapat membuat konten video diiringi beragam musik dan efek. Bahkan tingkat kecepatan video dapat diatur langsung. Lantas bagaimana cara membuat IG Reels?

Tutorial Cara Buat Instagram Reels

Agar dapat menikmati fitur terbaru ini, jangan lupa untuk update IG Anda ke versi terbaru. Bisa via Google Play Store untuk Android atau App Store khusus iOS. Setelah memperbarui aplikasi IG ke versi terbaru, lakukan steps berikut ini:

1. Buka aplikasi IG. Di halaman utama, muncul ikon Reels. Letaknya berada di antara ikon “Search” serta “Shop”. Cara buat Instagram Reels, pengguna cukup mengklik ikon berbentuk movie clip yang ada di bagian tengah bawah.

Cara buat Instagram Reels 1

2. Kemudian klik ikon kamera yang letaknya di pojok kanan atas. Di sini ada opsi apakah Anda ingin merekam video atau mengambil konten dari galeri smartphone.

Cara buat Instagram Reels 2

3. Bila Anda merekam video via fitur kamera di IG, Anda dapat memilih konsep video. Misalnya menggunakan layout, set timer, maupun mengatur kecepatan video. Bisa lebih cepat atau lambat.

Cara buat Instagram Reels 3

4. Setelah video dipilih, selanjutnya dapat memotong klip video sesuai durasi yang Anda inginkan.

5. Jika sudah, video dapat ditambah dengan filter, efek, stiker, teks, bahkan lagu yang ada di kolom Music. Anda pun dapat mengunggah lagu yang tersimpan di media penyimpanan smartphone. Cara lain yakni dengan merekam audio secara langsung via menu “Record” yang disediakan.

Baca Juga:  Cara Monetisasi Instagram Untuk Mendapatkan Uang

6. Jika seluruh tahapan selesai, Anda tinggal mengklik tombol “Next” yang letaknya di pojok kanan bawah. Fungsinya untuk mengunggah video yang sudah dibuat sebagai konten Reels.

7. Nantinya, video Anda secara langsung akan muncul di tab IG Reels.

8. Video Reels bisa dibagikan via fitur instastory, Feeds, maupun Direct Message. User dapat mengatur Reels secara publik maupun private.

9. Apabila Anda memilih opsi “publik”, maka video Reels bisa ditelusuri user lain via halaman khusus Reels. Halaman ini terdapat di menu Explore.

Seperti halnya instastory, konten yang ditayangkan di Reels akan hilang setelah 24 jam. Namun, user dapat menyimpan Reels yang telah dibuat menggunakan fitur highlights.

Fitur yang Ada di Cara Buat Instagram Reels

Reels menawarkan banyak fitur guna membantu menciptakan video kreatif sekaligus menyenangkan. Fi antaranya:

  1. Audio

Terdapat library audio IG yang telah terintegrasi di Reels dari artis lokal hingga internasional.

  1. Durasi

User Reels dapat memilih durasi video. Tersedia pilihan antara 15 detik hingga 30 detik.

  1. Speed

Dengan fitur ini Anda dapat mengontrol kecepatan video. Bisa diperlambat, normal, bahkan dipercepat.

  1. Effect

User Reels dapat menggunakan AR effect yang telah ada di IG. Menggunakan effect ini akan membuat Reels jadi makin keren.

  1. Touch Up

Fungsinya untuk memperindah video. Sehingga membuat tampilan Reels jadi lebih indah.

  1. Timer

User dapat menentukan berapa detik durasi video yang direkam. Ini akan memudahkan bagi Anda yang merekam video sendiri.

  1. Video Layout

Terakhir, ada fitur video layout. Fungsinya untuk merekam beberapa video. Kemudian Anda bisa menggabungkan video-video tersebut.

Tips Agar Video Banyak Disukai

Lakukan hal-hal di bawah ini supaya video yang Anda buat disukai banyak penonton.

Baca Juga:  Review Dan Cara Menggunakan Aplikasi Hago Terbaru

1. Buat konten yang menghibur serta menyenangkan. Dalam hal ini, Anda bisa membuat video yang menarik perhatian, membuat penonton tertawa, maupun memberikan kejutan.

2. Dapat juga bikin video yang menginspirasi sehingga dapat diikuti oleh penonton lain dengan mudah.

3. Manfaatkan alat kreatif. Bisa berupa teks, filter, maupun efek kamera. Video yang dibuat sebaiknya orientasinya vertikal.

4. Gunakan musik yang terdapat di perpustakaan musik IG. Bisa juga memakai audio asli yang ada di Reels

5. Jangan lupa untuk berani bereksperimen. Cobalah sesuatu yang baru. Namun, tetap menjadi diri sendiri.

6. Hindari melakukan hal-hal berikut di konten IG Reels. Di antaranya membuat konten yang blur, tidak fokus, serta resolusi rendah. Membuat video yang tertutup banyak teks. Tidak mematuhi Pedoman Komunitas IG.

Nah, bagaimana cara buat Instagram Reels di atas? Mudah untuk dicoba, ya. Yuk, coba fitur terbaru IG yang kekinian ini.