cara daftar shopee food

Cara Daftar Shopee Food Merchant Terbaru online Langsung Aktif

Posted on

Sejatinya, cara daftar Shopee Food sangat mudah dan tidak ribet. Yang terpenting Anda harus yakin terlebih dahulu, apakah Anda ingin mendaftar sebagai merchant atau sebagai konsumen biasa. Pada dasarnya, cara daftar untuk keduanya memiliki kesamaan cuma syarat-syarat yang harus dilampirkan yang berbeda.

Syarat Daftar Merchant di Shopee Food

Syarat utama untuk bisa mendaftar sebagai merchant di Shopee Food adalah, Anda harus memberitahukan kepada admin Shopee terkait dengan perusahaan makanan yang sedang dikelola. Termasuk menginformasikan jenis perusahaan, apakah perusahaan perseorangan (individu) atau perusahaan kelompok.

Anda harus memberikan pengakuan secara jujur kalau perusahaan sudah berbadan hukum atau tidak. Bukti legalitasnya juga harus dilampirkan pada saat melakukan pendaftaran sebagai merchant Shopee Food yang pertama kali. Nah, untuk data yang perlu dipersiapkan berikutnya bisa dilihat di bawah ini:

1. Perusahaan Perseorangan

  • KTP atau KITAS
  • SPPKP
  • NPWPD
  • Foto Halaman Depan Buku Tabungan
  • 5 Foto Terbaru

2. Perusahaan Berbadan Hukum

  • KTP atau KITAS
  • SIUP
  • TDP/NIB
  • Akta Pendirian Perusahaan
  • NPWP
  • Foto halaman depan buku tabungan
  • Surat Keterangan Domisili (opsional)

Cara Daftar Shopee Food

Cara daftar Shopee Food baik untuk merchant maupun pelanggan biasa, memiliki persamaan atau hanya dengan satu cara saja. Nah, untuk mengetahui cara-cara yang dimaksud, silakan baca list berikut ini:

1. Mengisi Form Register

Langkah pertama untuk mendaftar di Shopee Food adalah mengisi form atau formulir register terlebih dahulu. Untuk mendapatkan formulir ini, Anda bisa langsung membuka aplikasi Shopee lalu pilih Shopee Food dan klik Register. Bisa juga dengan mengklik link yang langsung merujuk ke aplikasi, yang link-nya bisa Anda temukan di internet.

Baca Juga:  Cara Google Meet di Laptop dengan mudah tanpa aplikasi

Di sini Anda harus memasukkan email aktif yang akan dijadikan tempat notifikasi dari admin Shopee. Jangan lupa juga untuk memilih posisi Anda apakah sebagai merchant atau sebagai konsumen biasa.

2. Mengisi Identitas Diri

Selanjutnya, silakan Anda mengisi identitas diri selengkap mungkin. Termasuk mengunggah file KTP yang akan dijadikan bukti kalau Anda benar-benar manusia bukan robot. Di tahap ini, Anda juga harus memasukkan nomor HP aktif yang digunakan untuk mendaftar serta nomor HP alternatif.

3. Mengisi Nama dan Nama Usaha

Setelah identitas terunggah dengan baik dan Anda telah menekan fitur Next, maka di layar berikutnya akan muncul kolom kosong yang harus diisi nama dan jenis usaha. Kalau Anda ingin menjadi merchant, maka Anda juga harus mengisi jenis usaha perseorangan atau kelompok dan berbadan hukum di kolom tersebut.

4. Mengunggah Foto Produk dan Outlet Usaha

Anda harus mengunggah foto profil dan foto outlet usaha agar admin bisa segera menyetujui proses registrasi di Shopee Food. Pastikan Anda menggunakan foto tampak depan dan menggunakan kamera dengan resolusi pencahayaan yang sangat tinggi.

5. Menunggu Verifikasi Admin

Jika Anda sudah sampai pada tahap di atas, dan telah menekan tombol Submit, maka berarti Anda tinggal menunggu verifikasi persetujuan dari admin Shopee. Biasanya, verifikasi ini dikirimkan melalui email atau melalui SMS ke nomor yang telah Anda unggah sebelumnya.

6. Kelengkapan Berkas

Khusus merchant, biasanya pihak admin masih memberikan satu tahap pendaftaran lagi yaitu kelengkapan berkas. Pihak Shopee akan meminta berkas-berkas pendukung seperti surat persetujuan atas kerjasama kedua belah pihak. Kalau berkas sudah lengkap, biasanya tim Shopee akan mendatangi outlet untuk melakukan training.

Baca Juga:  Cara Repost Instagram Story Terbaru

Itulah cara daftar Shopee Food yang harus dilakukan secara benar dan tepat. Kalau proses registrasi ini telah berjalan dengan sempurna, tentunya Anda sudah bisa berjualan di Shopee Food maupun berbelanja aneka kuliner di marketplace populer tersebut.