Tutorial Mengetik 10 Jari

Tutorial Mengetik 10 Jari Cepat dan Tepat

Posted on

Tutorial mengetik 10 jari sudah banyak ditulis dalam bentuk buku maupun digital. Bukan hanya di linkunga kerja saja, anank-anak sekolah pun mulai mempelajari mengetik 10 jari. Lalu, Kamu bagaimana? Masih mau ketinggalan zaman!

Hello! Hari ini tidak bisa mengetik yang tepat dan cepat dengan 10 jari! Ayo ubah konsep ketik sebelas jari mu sekarang juga! Mengetik 10 jari lebih berguna untuk Kamu. Yuk simak tutorial berikut!

Tutorial Mengetik 10 Jari Cepat dan Tepat

Mengetik dengan 10 jari memang banyak dipelajari pada masa ini. Kamu tidak mau bukan, jika dikatakan ketinggalan zaman? Maka dari itu, yuk pelajari tutorial mengetik 10 jari di bawah ini!

1.Memiliki kerangka dasar

Kerangka dasar merupakan hal pertama yang harus Kamu miliki. Apa sih maksud memiliki kerangka dasar? Intinya Kamu harus memiliki kemampuan dasar mengetik.

Hal yang bisa Kamu coba untuk memiliki kerangka dasar ini ada dua cara yaitu:

  • Memiliki papan ketik yang sesuai dengan selera tangan
  • Membiasakan diri dengan papan ketik tersebut

Dua hal tersebut harus Kamu perhatikan! Karena jika Kamu tidak memiliki papan ketik atau keyboard yang sesuai dengan selera tangan. Maka saat menggunakannya Kamu akan merasa seperti baru belajar mengetik.

Setelah memiliki papan ketik yang sesuai selera, Kamu juga harus membiasakan diri menggunakannya. Jika Kamu tidak terbiasa dengan papan ketik mu, lalu apa gunanya Kamu memilikinya?

2.Hentikan Kebiasan Menatap Keyboard

Selanjutnya, Kamu harus memberanikan diri untuk fokus kepada monitor. Jangan selalu terpaku pada keyboard. Kamu tidak perlu takut typo atau melakukan kesalahan ketik lainnya.

Baca Juga:  5 Aplikasi Edit Video Tiktok Paling Keren Gratis, Apa Saja?

Jika, Kamu sudah terbiasa melakukan hal ini. Maka jari-jari tangan mu akan secara otomatis menempatkan diri pada posisi yang benar. Jari-jari mu bisa secara otomatis menemukan tombol keyboard yang Kamu cari.

3. Meletakkan Jari pada Tempat dan Fungsi yang Benar

Kamu harus meletakkan setiap jari tangan yang Kamu miliki pada posisinya masing-masing. Misalkan untuk kedua jempol kanan dan kiri khusus Kamu gunakan untuk tombol spasi.

Beralih pada kelingking, baik kanan maupun kiri. Memiliki tanggungjawab kepada semua tombol yang tidak dikuasai oleh tiga jari lainnya.

Jari telunjuk bagian kiri akan ditempatkan pada huruf  V ke atas hingga angka 4 dan huruf B keatas hingga angka 5. Sedangkan untuk yang sebelah kanan ditempatkan pada huruf N dan M ke atas sampai angka 6 dan 7.

Dua jari tersisa yaitu, jari manis dan jari tengah. Jari tengah bagian kanan akan mengambil alih satu baris ke bawah mulai angka 3 hingga huruf C. Sedangkan bagian kiri pada huruf angka 8 hingga tanda koma.

Terakhir bagian untuk jari manis. Jika jari manis kanan, maka akan berhadapan dengan angka 9 ke bawah yakni tanda titik. Sedangkan bagian kiri dari 2 hingga X.

4. Konsisten Melakukan Latihan

Langkah terakhir ialah menguji jari-jari untuk mengetik 10 jari. Kamu bisa mengujinya dengan menggunakan teks yang sudah disediakan di berbagai macam aplikasi.

Bahkan Kamu bisa menemukannya di internet hanya dengan menuliskan kata kuncinya saja! Kamu bisa mempelajari dari dasar hingga ke level yang lebih tinggi.

Lakukan latihan mengetik setiap hari, tapi ingat jangan pernah menggunakan kebiasan dua belas jari mu.

Bagaimana dengan tutorial mengetik 10 jari di atas? Kamu bisa melatih jari mu perlahan-lahan. Pastikan Kamu konsisten melatih jari-jari tangan mu!