10 Tips Belajar Online Secara Efektif dan Efisien

10 Tips Belajar Online Secara Efektif dan Efisien

Posted on

10 Tips Belajar Online Secara Efektif dan Efisien. Kelas Online, Kelas Daring dan SFH (School From Home) adalah tiga nama satu rupa yakni pembelajaran jarak jauh online. Metode pembelajaran tanpa tatap muka ini adalah pola baru. Maka banyak yang mengalami kendala dalam prosesnya. Apatah lagi nanti hasil belajar ahirnya?.

Untuk memastikan sebuah pembelajaran baik online maupun offline, ada dua kunci. Proses pembelajarannya efektif dan efisien. Efektif merujuk kepada impact atau hasil signifikan. Efisien merujuk kepada proses yang substansial. Proses yang substansial paling mudah didefinisikan sebagai aktivitas terpenting yang berhubungan dengan proses pencapaian tujuan.

Nah, bagaimana tips agar belajar online memiliki hasil optimal?. Pastikan proses pembelajarannya efektif dan efisien.  Nah berikut akan kami berikan 10 Tips Belajar Online Secara Efektif dan Efisien:

1. Persiapan Online

Proses pembelajaran meliputi tiga tahap: persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Sebagaimana proses tersebut. Maka pembelajaran online juga harus dipersiapkan sebaik-baiknya. Adapun hal yang termasuk persiapan pembelajaran online :

  1. Gawai yang mampu dengan baik terkoneksi ke internet dan bekerja optimal.
  2. Kuota internet untuk mengakses materi pembelajarna online.
  3. Tempat online yang nyaman. Pilih tempat untuk mengakses materi pembelajaran yang nyaman selama belajar sekaligus tempat yang lancar untuk gadget terkoneksi ke internet. Gangguan yang sering dialami pelajar dalam belajar online adalah jangkauan sinyal internet.
  4. Lingkungan yang kondusif. Pelajar terkadang mengalami gangguan konsentrasi belajar. Bukan karena tidak belajar, namun karena teman-teman sepermainannya mengganggu konsentrasinya dengan mengajak bermain.
  5. Buku atau kertas catatan. Hasil belajar dengan mudah di review kembali jika terekam dalam catatan yang rapi.

 

2. Siap Jadwal dan Durasinya

Sebagaimana pembelajaran tatap muka. Pembelajaran online perlu dipandu oleh jadwal mata pelajarannya. Agar pembelajarnya siap, ia perlu bersiap diri sesuai jadwal. Tujuannya adalah agar ia mempelajari terlebih dahulu materi pelajarannya. Sehingga saat kelas online ia sudah siap dengan sejumlah pertanyaan dari hasil membaca dan belajarnya.

Baca Juga:  Cara Menampilkan Subtitle Di Aplikasi WeTV Nonton Film Terbaru

 

Bagaimana dengan durasi? Durasi menentukan kesiapan pelajar,  kuota dan daya listrik gawai harus disiapkan. Power baterai pastikan full. Kuota data juga memadai sampai durasi pembelajaran selesai. Maka setiap jadwal pembelajaran dimulai pastikan beberapa jam semua keperluan diatas tercukupi hingga pembelajaran selesai.

Mengetahui durasi proses pembelajaran membuat kita bisa mengatur dan mengkondisikan lingkungan belajar anak-anak. Orang tua sebaiknya megawal program pembelajaran online. Mencegah gangguan-gangguan lingkunan anak-anak. Mengatur jadwal bermain dan membuka diri untuk anak lain bermain.

 

3. Pilih Tempat Terbaik

Syarat tempat pembelajaran online sebagai berikut:

  • Tempat nyaman.
  • Sinyal lancar dan kuat.
  • Udara segar.
  • Cahaya cukup untuk membaca.
  • Ada tempat untuk menulis.
  • Jauh dari akses publik dan lalu lalang.
  • Tenang atau tidak ada polusi suara.

Orang tua perlu mempersiapkan tempat ini.

 

4. Mind Mapping

Mencatat cepat sambil menyimak guru menjelaskan perlu keterampilan khusus. Metode mind mapping bisa dicoba dan dilatih. Metode ini sudah populer, bahkan ada aplikasi khusus untuk mengolah visualisasi mind mapping.

Keunggulan mencatat dengan mind mapping diantaranya:

  • Sistematis
  • Semua konsep terekam dalam bagan sederhana
  • Mudah di pelajari
  • Membantu mengingat.
  • Hemat kertas/worksheet

Diperlukan sedikit latihan untuk bisa mempraktekkan mencatat dengan metode mind mapping.

 

5. Screenshoot

Siapkan tools untuk membuat screenshoot bahan pelajaran di kelas online. Untuk menyimpan slide atau penjelasan berjenis visual. Screenshot juga berfungsi untuk dokumentasi pembelajaran dalam bentuk visual. Kapan ada penjelasan dengan contoh disertai gambar atau foto, screenshot membantu merekamnya.

 

6. Buat Ringkasan Ulang

Ringkasan pertama dibuat, seringkali beberapa hari kembali lupa. Untuk menghindarinya, seringlah mencatat ulang ringkasannya ke buku yang lebih rapi. Proses membuat ringkasan ulang mengaktifkan sistem ingatan menjadikan memori muda di akses kembali dengan mudah. Ringkasan bisa menggunakan catatan manual dengan alat tulis. Pilihan lainnya dengan menggunakan mind mapping.

Baca Juga:  5 Cara Agar Akun Tiktok Menghasilkan Uang

 

7. HP dan Laptop/PC

Seringkali perangkat keras menjadi hal yang di abaikan dalam pembelajaran. Banyak sebab mengapa demikian. Namun untuk mendapatkan kualitas hasil proses belajar online yang bermutu, perangkat keras pengajar dan yang di ajar seharusnya distandardkan kinerjanya. Perbedaan kemampuan alat pengajar dan peserta pembelajaran sering menyebabkan inefisiensi.

Setiap aplikasi bantu dalam pembelajaran online sebenarnnya memiliki spesifikasi. Ada kriteria teknis untuk sebuah gawai bisa menjalankan aplikasi dengan optimal. Misalnya Zoom Meeting, itu akan lebih baik jika RAM nya setidaknya 3 GHz. Memory yang lebih rendah menyebabkan problem saat koneksi dan mengikuti pembelajaran.

Kamera dan resolusi layar. Kamera yang berkemampuan lebih baik akan menghasilkan view video meeting jernih mudah di simak. Pelajar yang mengikuti juga akan bisa menyimak dengan jelas manakala resolusi monitornya mencukupi kebutuhan viewnya.

Jika tidak ada kendala. Alangkah baiknya jika ada meeting terlebih dahulu antara penyelenggara pembelajaran dan peserta. Jauh sebelum semua proses pembelajaran berjalan. Didalam pembelajaran disepakati spesifikasi gawai nya. Dan diberikan solusi jika ternyata ada kendala. Dengan gawai handal, komunikasi dan proses pembelajaran online akan lebih optimal.

 

8. Catatan Manual

Mencatat bukan lah aktivitas menulis saja, mencatat juga adalah internalisasi isi tulisan. Mencatat secara manual adalah bagian proses belajar. Sesuatu yang dicatat biasanya lebih mudah di ingat. Maka pastikan peserta pembelajaran juga mencatat. Mencatat manual juga membuat bahan pembelajaran bisa di baca ulang kembali.

Menulis hasil belajar barangkali terlihat kuno. Namun itu adalah bentuk belajar yang terbukti dari generasi ke  generasi. Memberi hasil lebih baik dari sekedar menyimak. Jika perlu, pemateri atau fasilitator meminta peserta pembelajaran online melaporkan catatan manual mereka. Juga menyetorkan daftar pertanyaan tertulis

Baca Juga:  Review dan Cara Menggunakan Aplikasi InDriver Transportasi Terbaru

 

9. Konsentrasi

Konsentrasi merupakan kemampuan seseorang memusatkan perhatian kepada satu hal spesifik dalam waktu tertentu. Baik pengajar dan peserta pembelajaran keduanya harus konsentrasi untuk menghasilkan proses yang berkualitas. Efektivitas dan efisiensi proses sangat dipengaruhi oleh konsentrasi keduanya. Memusatkan perhatian kepada proses pembelajaran butuh latihan cukup. Dan tak serta merta dimiliki seseorang begitu saja. Dengan konsentrasi semua proses pembelajaran bisa dijalani lebih singkat dan padat. Efisiensi terjadi di beberapa aspek sekaligus: waktu, tenaga, kuota, biaya, aman gadget dan seterusnya.

 

10. Sharing Kembali

Level tertinggi pembelajaran adalah mempraktekkan isi apa yang dipelajari. Dan cara paling mudah adalah dengan mereview. Buat simulasi berpasangan sesama peserta pembelajaran. Salah satu menjadi presenter yang  lainnya menyimak dan mengajukan pertanyaan. Lakukan bergantian antara pasangan pelajar tadi. Fasilitator memandu dan mendampingi.

Cara sharing bergantian sangat efektif. Biasanya diterapkan di kelas offline. Namun pembelajaran online juga bisa mencoba cara ini. Teknisnya bisa dengan pemberian tugas. Beberapa anak di simulasi terlebih dahulu untuk saling presentasi. Kemudian setelah anak-anak lainnya mengerti, ditugaskan mandiri. Tugas dikumpulkan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan dan hasilnya.

Demikian 10 Tips Belajar Online Secara Efektif dan Efisien. Jika kesepuluh tips bisa di pastikan pelaksanaannya dengan sebaik-baiknya tentu akan terjadi peningkatan. Tentu dengan melakukan evaluasi dan peningkatan kualitas secara kontinu. untuk mengetahui tips dan trik lainya anda bisa mengunjungi link ini.  jika teman-teman punya tips yang lain silakan komen di kolom komentar ya.