Cara menggunakan facebook marketplace untuk berjualan

Cara menggunakan facebook marketplace untuk berjualan

Posted on

Facebook marketplace merupakan sebuah fitur yang ada pada facebook. Fitur ini dapat kita gunakan untuk berjualan barang atau produk kita. Namun fitur ini akan muncul jika jumlah teman anda lebih dari 250.  Bagi yang baru buat akun dan belum memiliki teman yang cukup banyak maka fitur facebook marketplace ini tidak akan muncul atau belum ada.

Facebook Maketplace ini sangat membantu anda dalam menjual produk karena jangkauan yang sangat luas sehingga ribuan hingga ratusan bahkan jutaan orang dapat melihat produk kita.  Facebook marketplace ini sama seperti marketplace lainnya. Anda tinggal jual atau beli barang. Tidak ada pendaftaran anda bisa langsung menggunakannya ketika fitur markeptplace muncul di facebook anda.

Pada penggunaan facebook marketplace ini memang sering skali rawan kena banned jika anda melanggar dari ketentuan dari komunitas facebook. Seperti anda menjual barang yang bebahanya dan mencurigakan maka facebook akan langsung membanned facebook marketplace anda.

Terdapat banyak kategori yang dapat anda jual atau beli baran di facebook marketplace. kategori dari facebook marketplace antara lain: Iklan baris, Pakaian & Aksesori, Penawaran, Elektronik, Hiburan, Keluarga, Hobi, Rumah dan Taman, Perumahan, Kendaraan. Anda bisa memilih minimal satu kategori tersebut untuk jualan atau membeli barang. untuk anda yan masih pemula atau baru awal mengenal facebook marketplace ini kami akan berikan Cara menggunakan facebook marketplace untuk berjualan di artikel ini.

 

Hal hal yang melanggar facebook marketplace

  • Barang yang tidak nyata, artinya pada facebook marketplace Anda tidak diperbolehkan menjual barang yang bukan bersifat fisik. Jadi anda harus memiliki barang itu dan gambar yang diupload pun harus original tidak boleh mengambil dari tempat lain.
  • Layanan atau tiket acara, anda tidak boleh menjual tiket untuk acara, tiket nonton bola misalnya. Semua itu tidak berupa produk fisik jadi facebook marketplace tidak mau memposting jualan kita tersebut.
  • Deskripsi dan foto tidak cocok, ini adalah sesuatu hal yang sangat perlu diperhatikan karena jika deskripsi produk kita yang kita jual berbeda dengan gambar atau nama produk kita maka facebook akan mendeteksinya dan facebook marketplace kita tidak bisa digunakan kembali.
  • Hewan untuk dijual, baik itu hewan peliharaan anda juga tidak diperbolehkan untuk menjual facebook marketplace.
  • Kesehatan, barang -barang kesehatan yang tidak di izinkan seperti kotak P3K, termometer dll.
  • Anda tidak boleh menampilkan barang sebelum dan sesudah. Contohnya anda menjual pelangsing badan, Anda menggunakan foto sebelum dan sesudah pemakaian maka gambar tersebut dianggap facebook melanggar.
Baca Juga:  Review Dan Cara Menggunakan Aplikasi Hago Terbaru

Jadi untuk menggunakan facebook marketplace ini anda harus benar-benar hati-hati dan barang harus sesuai dengan pedoman komunitas facebook. Mungkin ada pertanyaan facebook marketplace ini tidak dropship, jawabannya bisa saja asal anda mempunyai gambar produk asli dari anda gambar itu tidak ada yang sama dengan marketplace atau pengguna marketplace lainnya.

Cara menggunakan facebook marketplace untuk bejualan

Untuk menggunakan facebook marketplace untuk berjualan syaratnya anda mempunyai akun facebook yang memiliki fitur marketplace. Berikut langkah-langkah berjualan di facebook marketplace.

  1. Login ke akun facebook kamu, tentu cara ini sangat mudah dan sering anda lakukan ketika anda membuka facebook anda.
  2. Setelah masuk cari menu Kemudian klik menu itu.
  3. Akan muncul beberapa pilihan maka anda klik + jual sesuatu, atau dalam bahasa inggris sell. Klik item untuk dijual
  4. Pilih kategori produk anda. Mislanya electronik. Masukkan judul, harga deskripsi dan lokasi kamu.
  5. Selanjutnya upload foto, untuk foto bisa mencapai 50 foto yang dapat di upload. Namun saya sarankan 10 foto saja sudah cukup. Untuk foto tidak boleh dengan foto yang sama dalam satu postingan.
  6. Klik Selanjutnya. Jika tombol tersebut masiha abu-abu maka anda harus perika terlebih dahulu kolom isian dari produk tersebut. Seperti kolom judul, kategori, judul, harga, lokasi dan foto anda apakah semua sudah terupload.
  7. Pilih tempat untuk memposting listing Anad. Jika Anda ingin memposting hanya di Marketplace, cukup klik Tetapi anda juga bisa memposting listing di grup jual beli di facebook yang kamu ikuti.
  8. Klik Terbitkan untuk memposting listing Marketplace Anda. Anda bisa melihat reviewnya terlebih dahulu sebelum di terbitkan. Anda juga bis amngubah postingan yang sudah diterbitkan dengan car amengklik menu edit di marketplace produk anda.
Baca Juga:  Cara Upload File di google drive dengan cepat dan mudah

Lakukan penjualan secara rutin setidaknya sehari sekali namun jangan keseringan juga karena dianggap facebook spam. demikianlah Cara menggunakan facebook marketplace untuk berjualan.