8 Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak dengan Cepat

8 Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Posted on

Memiliki kemampuan berbahasa Inggris adalah sebuah prasyarat penting untuk komunikasi dan pergaulan Internasional. Dengannya siapapun kita bisa memperluas jangkauan pergaulan. Memperluas jaringan pemasaran. Belajar ke warga dunia juga memerlukan kemampuan bahasa Inggris, terlebih yang akan belajar lanjut ke luar negeri.

8 Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak dengan Cepat wajib dicoba

Berikut adalah 8 Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak dengan Cepat:

1. Memiliki Keinginan Sangat Kuat

Keinginan yang sangat kuat membuat seseorang kuat menjaga konsistensi. Dengannya ia mampu berkorban waktu, tenaga dan semua potensinya. Keinginan yang harus sangat untuk menguasai bahasa Inggris dengan cara otodidak. Karena waktu dan kesulitan akan mengujinya. Banyak pelajar dan orang belajar bahasa inggris. Mudah mengawalinya, namun tak banyak yang bertahan sampai ia benar-benar menguasainya.

Keinginan yang sangat kuat akan membuat seseorang mampu mematahkan alasan-alasan untuk berhenti berupaya sungguh-sungguh dalam perjuangan menguasai bahasa Inggris. Tantangan terbesar belajar bahasa Inggris adalah diri sendiri. Diperlukan konsistensi, disiplin, tertib dan rapi.

 

2. Memahami Kekuatan dan Kelemahan diri dalam Bahasa Inggris

Mengetahui jenis penyakit adalah 60% kesembuhan. Pernah baca kalimat tersebut?

Sebagaimana kesehatan, kemampuan berbahasa mudah dikembangkan saat kita mengetahui persis dimana kelemahan sekaligus kekuatan kita. Diantara bagian pembelajaran Bahasa Inggris berikut manakah yang lemah dan manakah yang kemampuannya sudah cukup kuat:

LISTENING

WRITING

CONVERSATION

VOCABULARY

GRAMMAR

Setelah mengetahui, Jadikan bagian lemah sebagai konsentrasi proses belajar. Kemudian aspek bahasa yang sudah kuat tinggal praktikkan untuk menjaga ketajamannya.

Baca Juga:  Cara Verified Tiktok atau Tiktok Centang Biru Agar Menghasilkan Uang

 

3. Gunakan Kata : “Dapatkah aku ….

Teknik bertanya yang powerful akan menghasilkan action. Jadi untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris gunakan pertanyaan “Can I…” (Dapatkah saya….).

Sebagai contoh:

Dapatkah saya memperkenalkan diri saya dalam bahasa Inggris?

Semakin banyak pertanyaan kepada diri yang tepat, akan membuat kita berkembang. Bahasa adalah kebiasaan dan skill. Jadi cara terbaik mengujinya dengan membuat tantangan diri. Dan cara mengetahui kemampuan sebenarnya dengan cara mempraktekkannya secara langsung.

 

4. Tentukan dan Putuskan Goal nya

Buat SMART Goal kamu dalam berbahasa Inggris. Maka meskipun belajar sendiri tidak perlu khawatir karena apa yang di usahakan bisa diukur menggunakan SMART Goal yang di tetapkan. Berikut penjelasan tentang SMART Goal dan cara membuatnya;

S –  Specific : Tuliskan goal spesifik (jelas dan khusus).

M – Measurable : Terukur dan bisa di ukur.

A – Achieveable : Bisa atau memungkinkan diraih.

R – Real : Nyata dan jelas bentuknya.

T – Time Based : Ada waktu spesifik.

Contoh:

  • Goal SPEAKING : Dalam 3 bulan sejak Januari 2020 bisa menelfon dan menerima telfon native 15 menit lancar.
  • Goal VOCAB : Menguasai 2500 Vocab dalam 4 Bulan.

Kemudian dibuat tujuan spesifik berupa break down turunan kegiatannya selam masa di tetapkannya.

Contoh kegiatan :

  • Menghafal dan praktek 50 Vocab baru per hari.
  • Berbicara dalam bahasa inggris setiap hari.
  • Menulis 3 kalimat tiap hari.

 

5. Tentukan Goal Kecil disamping Goal Besarnya.

Untuk menghabiskan nasi sepiring, makanlah sesendok demi sesendok. Kata bijak tersebut mewakili goal berbahasa Inggris dan belajar otodidak. Buat catatan-catatan tujuan menuju goal besarnya.Karena dengan begitu semua lebih realistis dicapai. Berikut beberapa contoh goal kecil itu?

  • Menuntaskan 1 buku tentang grammar.
  • Membuat 10 Tulisan Berbahasa Inggris 500-1000 kata.
  • Menulis E-Mail ke 5 relasi baru di Luar Negeri.
  • Membuat video speech berdurasi 30 Menit.

 

6. Media dan Sumber Belajar

Sumber belajar bagi praktisi otodidak merupakan faktor kunci yang sangat menentukan. Berlimpahnya media dan sumber belajar akan memudahkan pertumbuhan kemampuan. Lengkapi apapun yang bisa menjadi sumber belajar berbahasa Inggris. Berikut beberapa media dan sumber belajar yang sebaiknya dimiliki seorang yang autodidak.

  • Buku standard referensi bahasa Inggris, misalnya English Grammar tulisan Betty Azhar, Lets Writing English tulisan Wishon/Burks dan sejenisnya.
  • Kamus bahasa Inggris terbaik
  • E-Dictionary
  • Aplikasi English Learning
  • Audio Learner dan Recorder.
  • Story board pribadi di kamar.
  • Partner Berbahasa Inggris
  • English Club
  • Channel English Education: TED, How If, English Speech dan sejenisnya.
  • Koleksi lagu/film berbahasa Inggris.
  • Buku catatan khusus.
Baca Juga:  Cara Membuat Instagram Ads dengan Mudah

 

7. Take Action & Evaluasi

Setelah sumber belajar lengkap. Mulailah actionnya. Ingat otodidak adalah mandiri sepenuh sadar. Apa yang menjadi goal bisa tercapai saat seseorang benar-benar disiplin melakukannya. Take Action artiinya totalitas bertindak. Melakukan apapun agar target menguasai bahasa Inggris tercapai.

Ada satu tips yang diajarkan oleh orang-orang Jepang yakni Kaizen. Kaizen mengajarkan cara membuat pencapaian besar dari hal hal kecil. Catatannya konsisten dilakukan setiap hari dan naikkan kualitasnya sedikit demi sedikit. Contoh cara  menerapkan pola ini:

a. Membaca teks bahasa Inggris

Pekan 1 : 20 Menit per hari

Pekan 2 : 40 Menit per hari

Pekan 3 : 1 Jam per hari

Pekan 4 : 1 Jam 30 Menit per hari

 

b. Menghafal vocabulary

Pekan pertama : 50 Kata per hari

Pekan kedua : 75 Kata per hari

Pekan ketiga : 100 Kata per hari

Pekan keempat : 150 Kata per hari

 

c. Menyusun kalimat

Pekan pertama : 5 Kalimat per hari

Pekan kedua : 10 Kalimat per hari

Pekan ketiga : 15 Kalimat per hari

Pekan keempat : 20 Kalimat per hari

 

Bisa dikembangkan ke aspek bahasa Inggris lainnya. Misalkan di total semua menjadi menakjubkan. Fokus saja pada target kecil harian, lakukan konsisten dan tingkatkan tiap pekan.

 

8. Miliki Partner Belajar

Semangat terkadang turun naik. Maka perlu ada faktor penjaga yang akan menjadi stabilizer. Apakah itu? Diantaranya adalah memiliki partner belajar otodidak. Saat satu teman down, teman lainnya menyemangati. Teman disini adalah teman belajar yang menjadi partner otodidak bahasa Inggris. Partner juga berfungsi sebagai evaluator hasil belajar mandiri seseorang otodidak bahasa Inggris. Pratek, evaluasi dilakukan berulang berpasangan dengan partner sangat bermanfaat. Berikut adalah cara menemukan partner belajar bahasa Inggris:

Baca Juga:  Fitur dan Cara menggunakan Aplikasi Ajaib Untuk Investasi Saham

a. Temukan di sosial media.

Di sosial media, sungguh sangat mudah menemukan partner bahasa inggris. Cara paling mudah dengan mencari group pembelajaran bahasa inggris. Bergabunglah ke dalam group. Setelah approval, buat pengumuman kecil. Contoh redaksinya : “Aku cari partner bahasa Inggris nih, kita belajar bersama ya, tuliskan nomor WA temen2 di kolom komentar ya. Thanks.”. Biasanya gak lama kolom komentar akan berisi ratusan nomor WA.Gabungkan ke sebuah group dan mulailah membuat program belajar bersama group.

 

b. Temukan di lembaga kursus bahasa Inggris.

Cara mudah berikutnya ialah dengan mendatangi lembaga kursus bahasa Inggris terdekat. Selain mengikuti program reguler. Buatlah komunitas belajar bahasa Inggris untuk sesama peserta progam kursus yang kita pilih. Cukup mudah bukan?

 

c. Temukan di komunitas sekolah.

Setiap sekolah ada ENGLISH CLUB, kita bisa join kesana. Tentu dengan memenuhi syarat tertentu. Dan bersosial lah disana, membuat komitmen bersama. Dan bertemanlah. Partner belajar sungguh sangat banyak dan semangat  sekali. Selamat mencoba. Demikianlah penjelasan mengenai 8 Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak dengan Cepat. Jangan lupa untuk mengunjungi web ini untuk mendapatkan tips pendidikan lainnya. Jika anda punya tips lain silakan coment ya.