Tips Mencari Kerja online yang Aman

5 Tips Mencari Kerja online yang Aman dan Terpercaya

Posted on

Masa pandemi merupakan masa yang mana kita semua kerja secara online. Pemanfaatan teknologi dalam kerja online sangat dibutuhkan. Anda perlu memiliki koneksi internet yang stabil dan juga memiliki alat kerja seperti komputer atau laptop atau hal yang dukung pekerjaan lainnya. Selanjutnya setelah memiliki alat-alat tersebut Anda dapat juga dengan mudah mencari kerja secara online.

Saat ini banyak sekali pekerjaan yang ditawarkan melalui media online baik media sosial maupun lewat situs kerja online. Dari berbagai media dan juga situs online tersebut kita tentu harus hati-hati dan bijak dalam memilih lowongan kerja agar kita tidak tertipu. Kasusnya banyak sekali mereka yang tertipu ketika pekerjaan sudah selesai tetapi pihak pemberi kerja tidak membayar. Hal ini banyak yang dikeluhkan kepada saya, saya pun pernah mengalami hal tersebut. Jadi sebelum Anda bekerja secara online yang pekerjaannya Anda lamar secara online juga Anda harus mengetahui dahulu tips agar mendapatkan kerja yang aman dan bebas dari penipuan.

Kerja online ini biasanya dilakukan oleh freelancer orang yang bekerja tanpa ikatan dan juga tanpa harus kekantor, sehingga kerja dilakukan dirumah. Namun para freelancer ini mendapat info lowongan kerja dari situs resmi lowongan kerja. Namun di situs resmi pun masih sering terjadi penipuan. Nah berikut akan dikupas tuntas mengenai tips mencari kerja secara online yang aman dan terpercaya.

Tips mencari kerja online yang aman

Untuk pemula mungkin tips ini sangat cocok, karena jika Anda sudah terjun bekerja secara online mungkin sudah mengetahui seluk beluk dari dunia online.

1. Pastikan Anda melamar lewat situs resmi lowongan kerja

Banyak situs resmi lowongan kerja online yang terpercaya. Misalnya projects.co.id, freelance.com, upwork, indeed, karir.id, glints, facebook lowongan kerja dan masih banyak situs lowongan kerja terpercaya lainnya. Namun ketika Anda melamar di situs lowongan kerja terpecaya tersebut Anda harus perhatikan hal-hal berikut agar tidak kena tipu. Yang pertama pastikan pembayaran lewat situs tersebut contohnya situs projects.co.id yang menerima sebagai titipan pembayaran. Jadi pastikan transaksi di situs loker tersebut jika loker itu kerja online. Biasanya ini untuk freelancer. Tetapi untuk lowongan kerja yang harus kekantor misalnya di situs karir.id Anda harus cari terlebih dahulu informasi mengenai kantor tersebut pastikan kredibilitas perusahaan dan karyawan disana. Saya rasa untuk karir yang ada dikantor itu tidak begitu banyak masalah, karena Anda bekerja dikantor tersebut.

2. Pastikan Anda mengenal perusahaan dan pegawai perusahaan

Setelah Anda melamar Anda diterima maka Anda harus mengetahui siapa pemilik perusahaan tersebut. Apakah perusahaan tersebut kredibel atau tidak. Anda bisa ketahui lewat search di google. Anda bisa mengenal setidaknya dua orang penting di sana.

3. Jangan melakukan transaksi keuangan diluar platform/situs kerja

Ini biasanya jika Anda melakukan transaksi baik mengirim pekerjaan atau menerima pembayaran yang dilakukan diluar paltform maka kita tidak ada bukti hukum mengenai masalah yang terjadi.

4. Komunikasi dengan HR perekrut

Ketika Anda berkomunikasi dengan HR nya jelas transparan dan selalu mensuport bahkan memberikan pengertian baik kepada Anda ini adalah yang pekerjaan yang pelu Anda coaba. Namun jika sebaliknya HRnya tidak bisa berkomunikasi baik dengan Anda, tidak ada respon pekerjaan kita tidak selesai dan tidak mau menerima keluhan kita maka jauhilah pekerja ini. apalagi misalnya kita tanya dijawab B atau yang lainnya maka secara psikologi saja sudah terlihat bahwa si HRnya kurang dapat dipercaya.

Baca Juga:  Cara Menambahkan Lagu di Instagram

5. Aturan atau gudeline sering berubah-ubah

Ada suatu pekerjaan yang secara online itu mempunyai aturan yang sering berubah-ubah. Ini menurut saya tidak begitu bagus. Karena kenapa? Ada aturan itu pasti akan merugikan kita. Misalnya kita sudah membuat seperti berief yang pertama eh tiba-tiba diubah menjadi B, C dan seterusnya. Itu adalah hal yang merugikan waktu dan tenaga kita. Jika demikian maka pekerjaan tersebut perlu dipertimbangkan.

Nah demikianlah mengenai cara mencari kerja atau kerja secara online yang aman. Anda juga bisa konsultasi atau menghubungi saya jika Anda masih kurang paham bagaimana mendapatkan perkerjaan online yang aman dan terpercaya.